Portugal Rebut Juara Tiga Piala Konfederasi 2017

Portugal Rebut Juara Tiga Piala Konfederasi 2017
Portugal Rebut Juara Tiga Piala Konfederasi 2017

Setelah kalah dari Chile, Portugal akhirnya bisa merebut juara 3 Piala Konfederasi 2017 kemarin (Minggu, 2 / 7 / 2017) WIB malam. Melewati duel yang alot, sang jawara Eropa itu mampu memenangkan laga perebutan juara 3 atas Meksiko itu 2 – 1 di menit-menit injury time.

Kedua tim sama-sama terlihat banyak mencipta peluang pada laga yang berlangsung di Otkrytiye Arena itu. Dari catatan ESPN, Portugal tercatat melesatkan 23 attempt dengan 6 diantaranya on target ke gawang lawan. Sedangkan, Meksiko menembak 14 kali dengan 7 shot yang dicatat tertarget ke gawang Portugal.

Lantaran Rafael Marquez menyandung Andre Silva pada menit ke 16, Portugal lantas mendapat kans untuk unggul duluan. Kala itu, wasit menghadiahi kesempatan eksekusi penalti yang dieksekusi oleh Silva. Sayang tendangan yang diarahkan ke sudut kiri bawah, masih terbaca Guillermo Ochoa yang secara sigap langsung menepak bola. Hingga babak pertama usai, papan skor masih mencatatkan angka kacamata bagi kedua tim.

Berlanjut pada babak selanjutnya, Dewi Fortuna agaknya sedikit merapat ke kubu Meksiko di awal-awal. Pada menit ke 54, Javier Hernandez pun melesakkan bola lambung untuk disambut rekannya di depan. Alih-alih tidak mampu disambut oleh pemain Meksiko lainnya, bola malah membentur bibir gawang dan memantul ke tubuh Luis Neto. Malang tak dapat ditentang, bola yang memantul dari tubuh bek Portugal itu malah masuk ke gawang sendiri. Sontak, gol bunuh diri Portugal pun membuahkan keunggulan 1 – 0 untuk Meksiko.

Kendati sudah menggenjot super keras untuk melakukan balasan, Portugal pun masih belum bisa memecah stagnasi hingga menit ke 90. Tapi pada menit ke 91 di masa injury time, giliran Portugal yang dipepet Dewi Fortuna. Pepe yang saat itu berdiri di spot yang bagus di dekat mulut gawang, langsung menyambar umpan cantik dari sisi kanan yang dilayangkan oleh Ricardo Quaresma. Kedudukan pun menjadi 1 sama.

Aksi balasan kini dilancarkan oleh Meksiko, melalui sepakan Hirving Lozano. Namun sayang, reaksi Rui Patricio masih terlalu cekatan untuk menghalau serangan tersebut.

Gol kemenangan Portugal pada akhirnya terjadi saat laga memasuki menit ke 104. Usai Portugal dihadiahi kesempata melakukan pinalti lagi, lantaran Miguel Layun tak sengaja menyentuh bola di area kotak putih. Ditunjuk sebagai algojo, Adrien Silva mampu melaksanakan tugasnya dengan baik untuk melesakkan si kulit bundar ke jala Meksiko. Kedudukan pun berubah menjadi 2 – 1 untuk Portugal.

Emosi Meksiko pun memanas untuk membalas. Gaya bermain Portugal pun spontan berubah menjadi kasar untuk mempertahankan keunggulan mereka. Alhasil, Portugal harus kehilangan Nelsinho yang ditodong kartu kuning kedua pada menit ke 106 oleh wasit. Selanjutnya tak lama dari itu, giliran Raul Jimenez yang diusir keluar lapangan. Setelah juga mengkoleksi kartu kuning keduanya.

Skor 2 – 1 tetap bertahan hingga pluit tanda duel selesai ditiup oleh wasit. Portugal pun resmi menjadi juara 3 Piala Konfederasi 2017.