10 Stadion Sepakbola di Dunia Dengan Kapasitas Penonton Terbanyak

Ternyata kita sebagai bangsa Indonesia harus berbangga diri, lantaran stadion sepakbola andalan Indonesia, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SGBU) termasuk dalam daftar 10 stadion sepakbola terbesar di dunia. Dimana, predikat tersebut diukur dari seberapa besar kapasitas penonton yang mampu ditampungnya. Namun begitu, peringkat berapakah yang diduduki oleh SGBU. Lalu stadion mana yang dicap sebagai stadion sepakbola paling besar di dunia? Simak selengkapnya dibawah ini.

10 – Bukit Jalil National Stadium, Malaysia – Kapasitas penonton: 87,411

Stadion Sepakbola Bukit Jalil National Stadium, Malaysia
Stadion Sepakbola Bukit Jalil National Stadium, Malaysia

Stadion ini dibangun pada tahun 1998 dan bertempat di Ibukota Negeri Jiran Malaysia, Kuala Lumpur. Selain berperan sebagai markas utama timnas Malaysia, Bukit Jalil National Stadium juga difungsikan sebagai tempat diadakannya pertandingan olahraga cabang atletik dan tempat digelarnya sejumlah liga sepakbola lokal.

9 – Stadion Utama Gelora Bung Karno (SGBU), Indonesia – kapasitas penonton: 88,306

Stadion Sepakbola Stadion Utama Gelora Bung Karno (SGBU), Indonesia
Stadion Sepakbola Stadion Utama Gelora Bung Karno (SGBU), Indonesia

Ternyata SGBU yang menjadi kebanggaan Tanah Air Indonesia dalam bidang olahraga, masuk dalam urutan yang ke 9 sebagai stadion sepakbola terbesar di dunia.

Stadion yang didirikan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) pertama, Ir Soekarno pada tahun 1962 itu terletak di bilangan Senayan, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

SGBU seringkali difungsikan sebagai kandang timnas sepakbola Indonesia dan tempat digelarnya beberapa pertandingan olahraga untuk cabang-cabang lainnya. Diantaranya adalah atletik, gulat, basket, senam, dan lain sebagainya.

Laga persahabatan yang mempertemukan tim Korea besutan Park Ji Sung dengan tim Indonesia Legend yang diisi oleh sejumlah pemain-pemain sepakbola legenda Indonesia, juga pernah digelar di stadion sepakbola ini.

8 – Rose Bowl Stadium, Amerika Serikat – Kapasitas penonton: 92,542

Stadion Sepakbola Rose Bowl Stadium, Amerika Serikat
Stadion Sepakbola Rose Bowl Stadium, Amerika Serikat

Stadion yang berlokasi di Pasadena, California, Amerika Serikat (AS) itu merupakan markas dari salah klub sepakbola yang berlaga di MLS (Major League Soccer), yakni LA Galaxy. Selain itu, juga dijadikan sebagai markas dari timnas AS.

Prestasi tertinggi dari Rose Bowl Stadium adalah menjadi tempat digelarnya Piala Dunia 1994.

7 – Wembley Stadium, Inggris – Kapasitas penonton: 90,000

Stadion Sepakbola Wembley Stadium, Inggris
Stadion Sepakbola Wembley Stadium, Inggris

Stadion sepakbola di London ini merupakan milik dari asosiasi sepakbola di Inggris, yaitu FA. Selain dijadikan sebagai markas timnas Tiga Singa (Inggris), stadion ini juga dijadikan sebagai tempat digelarnya liga domestik, laga persahabatan, dan laga nasional di Inggris.

6 – Azadi Stadium, Iran – Kapasitas penonton: 95,225

Stadion Sepakbola Azadi Stadium, Iran
Stadion Sepakbola Azadi Stadium, Iran

Selain sebagai markas dari timnas Iran, klub lokal seperti Persepolis FC serta Esteghlal FC juga bernaung disini.

Walaupun stadion sepakbola yang dibangun di kota Tehran, Iran itu tercatat mampu menampung maksimal 95,225 penonton, sejarah pernah mencatat kalau ada suatu ketika Azadi Stadium pernah dimasuki hingga 100,000 penonton.

Prestasi terbesar dari stadion ini adalah dijadikan tempat digelarnya Asian Games 1974.

5 – FNB Stadium, Afrika Selatan – Kapasitas penonton: 94,736

Stadion Sepakbola FNB Stadium, Afrika Selatan
Stadion Sepakbola FNB Stadium, Afrika Selatan

FNB Stadium dikenal dengan keunikan desain bangunannya. Sang Arsitek sengaja merancang bangunan ini dengan bentuk yang menyerupai bentuk dari pot khas Afrika.

Sejak didirikan pada tahun 1980 di Nasrec, Afrika Selatan, stadion ini pernah ditutup sementara pada tahun 2010 untuk menjalani renovasi.

Selain menjadi tempat digelarnya partai final Piala Dunia 2010 yang mempertemukan timnas Belanda dan timnas Spanyol, FNB Stadium juga memiliki kenangan sejarahnya lainnya. Di stadion terbesar ke 5 ini lah, Nelson Mandela melakukan orasi pertamanya di khalayak ramai setelah bebas dari hukuman penjara tahun 1990.

4 – Estadio Azteca, Meksiko – Kapasitas penonton: 98,500

Stadion Sepakbola Estadio Azteca, Meksiko
Stadion Sepakbola Estadio Azteca, Meksiko

Sejak didirikan di Santa Ursula, Meksiko pada tahun 1966, Estadio Azteca sudah 2 kali dijadikan tempat digelarnya Piala Dunia. Yakni, pada tahun 1970 dan 1986.

Hal yang paling dikenang dari stadion ini adalah terjadinya gol ciptaan Diego Maradona yang terkenal dengan sebutan gol tangan Tuhan, saat timnas Argentina berduel dengan timnas Inggris pada ajang Piala Dunia 1986.

3 – Camp Nou, Spanyol – Kapasitas penonton: 99,354

Stadion Sepakbola Camp Nou, Spanyol
Stadion Sepakbola Camp Nou, Spanyol

Inilah stadion yang melahirkan bintang-bintang sepakbola dunia, seperti Lionel Messi, Luis Figo, dan Johan Cruyff. Stadion yang dirancang khusus untuk diletakkan dibawah tanah tersebut, merupakan markas dari klub raksasa yang berkancah di La Liga Spanyol, Barcelona FC.

Pada tahun 1957, secara resmi Camp Nou pertama kali dibuka untuk publik. Selanjutnya, stadion ini sudah 2 kali menjalani renovasi. Yakni pada tahun 1982 dan 2008.

2 – Salt Lake Stadium, India – Kapasitas penonton: 120,000

Stadion Sepakbola Salt Lake Stadium, India
Stadion Sepakbola Salt Lake Stadium, India

Stadion yang didirikan pada tahun 1984 ini berlokasi di Bidhannagar, Kolkata. Sering dijsebut juga dengan nama Yuva Bharati Krirangan. Merupakan markas dari klub sepakbola Mohun Bagan, East Bengala dan juga timnas India.

Hal yang paling membekas dihati pencinta sepakbola dunia adalah stadion ini menjadi tempat kiper legendaris asal Jerman, Oliver Kahn terakhir kalinya bermain. Sebelum akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu pada tahun 2008.

Selain sebagai tempat diselenggarakannya pertandingan sepakbola, perlombaan olahraga cabang atletik juga sering dilangsungkan di Salt Lake Stadium.

1 – Rungrado 1st of May Stadium, Korea Utara – Kapasitas penonton: 150,000

Stadion Sepakbola Rungrado 1st of May Stadium, Korea Utara
Stadion Sepakbola Rungrado 1st of May Stadium, Korea Utara

Ternyata stadion di Pyongyang, Korea Utara yang dibangun pada tahun 1989 itu lah yang menyabet gelar sebagai stadion terbesar di seluruh dunia.

Selain sebagi tempat digelarnya pertandingan sepakbola dan olahraga atletik, Rungrado 1st of May Stadium juga sering digunakan sebagai tempat pagelaran kebudayaan Korea Utara, Arirang Festival.

Sesuai dengan namanya, stadion sepakbola ini dibangun pada tanggal 1 Mei.